Tips Bermain Sepakbola

Peraturan ini dikeluarkan dan diberlakukan pada piala dunia 2014 di brasil. Pemain yang seolah akan menendang bola akan langsung mendapat kartu kuning. Peraturan baru pada hukum nomor 13 tertulis “Berpura-pura bergerak ketika berlari untuk menendang penalti dibolehkan. Namun setelah berlari diklaim sebagai pelanggaran Undang-undang Nomor 14 dan sikap tak sportif di mana pemain harus mendapat peringatan”.

Ruck diperbolehkan saat bola di tanah, kemudian bola dilemparkan oleh wasit, yang diperebutkan oleh dua pemain. Mereka saling memperebutkan bola dengan satu tangan, hanya pada sekeliling tubuh lawan. Pada saat melakukan ruck, pemain tidak boleh melempar bola dengan cara menendang atau melompat. Sewaktu membuat formasi ruck, pemain juga tidak boleh menjatuhkan diri di atas bola untuk memperebutkan bola. Dalam pertandingan olahraga sudah pasti ada Match Officials, para penentu pertandingan.

Setelah pertandingan dimulai, cetaklah gol sebanyak mungkin. Tim yang bisa memenangkan pertandingan adalah tim yang bisa mencetak gol lebih banyak dari lawannya. Di babak itu juga ditentukan siapa yang bisa mencetak gol lebih banyak dari lawannya. Kadang-kadang masih banyak tim yang lupa bahwa mereka harus mencetak gol ke gawang lawan. Hal ini dimaksudkan agar penjaga gawang tidak terburu mengambil sikap untuk neghadang laju bola.

Tendangan Penaltiini membuka peluang besar kepada pemain untuk mecetak gol dari posisi paling dekat dari penjaga gawang. Meskipun begitu, tidak semua dari tendangan ini menghasilkan Gol. Sejarah sering mencatat banyaknya pemain yang gagal mengantisipasi tendangannya. “Cruyff turn”—gerakan ikonik Cruyff yang dulu terkesan susah dilakukan, namun kini ditiru hampir nyaris semua bintang sepakbola—adalah perwujudan visi dan skill sang maestro yang paripurna. Dalam laga Piala Dunia 1974 melawan timnas Swedia, Cruyff menerima bola di sisi kiri lapangan, dekat kotak penalti Swedia.

Sebenarnya, saya berharap kalau game ini lebih seperti sepak bola betulan. Walau begitu, permainan sepak bola ini juga cukup menantang. Lumayan susah menjaga bola supaya tetap memantul dan tidak jatuh.

Jon Olsson, peman bertahan Swedia, menguntit, mengcengkram jersey Cruyff. Jika kamu bermain sepakbola—sekacrut apapun skill kamu, kamu bakal mengalami momen-momen yang dialami seorang seniman ketika menciptakan sebuah karya. Misalnya, ketika kamu berhasil mengoper bola dengan sempurna, melakukan trik yang tak terpikirkan sebelumnya atau mencetak gol dengan cara yang luar biasa. Intinya, kamu bakal melakukan sesuatu yang—setidaknya menurut dirimu—indah. Tapi meski dalam kondisi seperti ini, kamu toh bisa mengekspresikan sesuatu.

Pemain depan dari kedua regu saling berhadapan dalam posisi bertemu bahu. Sementara masing-masing rekan berpautan untuk bertahan di belakang mereka. Tujuan kerumunan adalah untuk menguasai bola, baik dengan cara mendorong regu musuh atau memberikan lemparan dengan kaki melalui kerumunan itu kepada seorang pemain tengah belakang. Tidak seorang pun bisa menyentuh bola dengan tangan sebelum bola keluar dari kerumunan.

Olahraga Rugby terdiri dari seorang wasit dan dua orang Touch Judges (dalam sepak bola adalah hakim garis). Suatu kerumunan adalah perebutan bola yang diperintahkan oleh wasit, mungkin karena suatu pelanggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *